Delegasi Hubungan Internasional UPH Raih Penghargaan Utama ‘Best Delegation’ di SUNMUN 2020
27 Apr 2021

Selamat kepada mahasiswa Program Studi (Prodi) Hubungan Internasional (HI) Universitas Pelita Harapan (UPH) angkatan 2018 dan 2019, yang berhasil meraih penghargaan utama ‘Best Delegation’ di Southeastern United Nexus Model United Nations (SUNMUN) 2020. Penghargaan ini diraih atas keberhasilan para delegasi yang mendapatkan penghargaan terbanyak di kategori yang ada di SUNMUN, yaitu pada kategori United Nations Human Rights Council (UNHRC) dan United Nations Commission on Narcotic Drugs (UNCND), dua komite di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang disimulasikan dalam SUNMUN 2020.

SUNMUN 2020 berlangsung pada 19-20 Desember 2020, dengan tema “Igniting Change: Enhancing Protection in an Increasingly Connected World”, dengan total peserta sekitar 150 orang dari berbagai negara, khususnya India, Indonesia, dan Filipina. SUNMUN sendiri adalah konferensi simulasi sidang PBB perdana, berbasis amal yang diadakan untuk membantu masyarakat di masa pandemi COVID-19. Seluruh dana yang didapatkan, kemudian didonasikan kepada National Children’s Hospital di Filipina.

Berikut adalah tim delegasi mahasiswa HI UPH yang berpartisipasi dalam SUNMUN 2020:

  1. Arlen Kevino Hart, 2019 – (Best Delegate UNHRC)
  2. Jenny Sari Winata, 2019 – (Most Outstanding UNHRC)
  3. Felica Sharon, 2019 – (Best Position Paper dan Verbal Commendation UNHRC)
  4. Stefan Christian Gultom, 2019 – (Most Outstanding UNCND)
  5. Edward Soewanto, 2019 – (Best Position Paper UNCND)
  6. Angela Filipus, 2019 – (Honourable Mention UNCND)
  7. Stefani Sanjaya, 2018
  8. Yoga Yules, 2019

Arlen Kevino Hart, salah satu delegasi mahasiswa HI UPH di SUNMUN 2020 menyatakan, “Dengan ikut kompetisi ini, kami berhadapan langsung dengan isu-isu internasional, mempraktikkan cara melakukan riset, speech¸ dan berdiplomasi yang baik, sesuai dengan apa yang sudah kami dapat di kelas saat kuliah. Selain itu, bergabung dalam komunitas dan berpartisipasi di kompetisi, pastinya semakin memperluas wawasan dan mengenal latar belakang beragam negara.”

Lebih lanjut, Angela Filipus, yang merupakan Ketua delegasi, merasa bahwa partisipasi dalam kompetisi adalah cara tepat mengasah kemampuan berdiplomasi dan negosiasi yang sangat diperlukan sebagai mahasiswa HI. Terlebih melalui kompetisi internasional ini, diakui Angela semakin menambah koneksinya hingga skala internasional.

Berpartisipasi dalam kompetisi juga diyakini mereka sebagai cara tepat dalam menerapkan ilmu dan kemampuan yang sudah diperoleh dari beragam mata kuliah di UPH. “Ikut dalam kompetisi Model United Nations (MUN) sangat berguna untuk mengimplementasikan pelajaran yang kami dapat dari berbagai mata kuliah. Contoh mata kuliah yang relevan seperti Hukum Internasional, Politik Internasional, Ekonomi Internasional, Conflict Resolution, dan lainnya. Mata kuliah ini yang menjadi fondasi kami dalam berdiplomasi, menyusun resolusi dan argumen saat berpidato sesuai kaidah hukum internasional yang berlaku,” pungkas Felica Sharon yang juga tergabung dalam delegasi HI UPH.

Meresponi prestasi ini, Floranesia Lantang, S.H.Int., MNatSecPol., Ketua Prodi HI UPH menyatakan kebanggaannya. “Kami bangga dengan prestasi mahasiswa kami. Prestasi pada SUNMUN menambah daftar prestasi prodi dalam ranah Internasional. Sejak 2017, sudah tercatat 70 prestasi dalam kompetisi MUN. Kami mendukung mahasiswa kami untuk aktif, karena partisipasi dalam kompetisi akan semakin melatih mereka untuk mempraktikkan teori atau konsep yang mereka dapat di kelas.”

Para delegasi juga berpesan kepada para junior ataupun calon mahasiswa HI UPH agar aktif berpartisipasi mengikuti beragam kompetisi guna mengimplementasikan mata kuliah secara nyata, sedari awal masa perkuliahan.

Jadi untuk kamu siswa/i kelas 12 yang memiliki mimpi untuk berprestasi di bidang hubungan internasional, HI UPH pilihan tepat untuk kamu! HI UPH akan membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keahlian praktis di bidang perdagangan internasional, budaya, studi ASEAN, dan korporasi serta keamanan internasional. Manfaatkan peluang Beasiswa 100 Miliar, daftar di sini atau informasi lebih lanjut hubungi 0811-1709-901.

See Also: